Lembaga Pers Mahasiswa Setara Unswagati - Cirebon. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Green Garden

Green Garden

Written By Lembaga Pers Mahasiswa Setara on Sabtu, 25 Februari 2012 | 18.10


Kebutuhan terhadap ruang terbuka hijau kampus (RTHK) dewasa ini tidak lagi semata-mata merupakan keinginan kaum pencinta lingkungan saja, namun demikian telah berkembang menjadi opini masyarakat kampus  secara luas, karena terbukti efektif berperan sebagai filter menyerap polusi udara, penghasil oksigen, penghalau kebisingan serta pelerai kepenatan pergerakan masyarakat dalam hal ini mahasiswa. Kondisi ini nampaknya dilandasi oleh kerinduan akan sifat-sifat alami yang semakin tersingkir dari era kemajuan teknologi.

Maka pada hari selasa (17/01) yang lalu  LPM Setara menyelenggarakan kegiatan penghijauan dikampus 1 Unswagati Cirebon, hari itu Setara melakukan Aksi penanaman pohon Trembesi secara tiba-tiba mereka menanam pohon satu pertsatu dan menamainya dengan Taman Asri. Hal terebut mungkin suatu bentuk kegeraman  mahasiswa khususnya Setara melihat lingkungan sekitar kampus terutama di puing-puing bekas bangunan masjid kampus 1 Unswagati yang mungkin dirasa tidak enak dipandang. Kegiatan yang di dasari atas keprihatinan kondisi kampus yang semakin  gersang dan tak terurus lagi tata ruangnya, ini mendapat banyak sekali apresiatif dari para mahasiswa. Termasuk biro khusus lingkungan hidup BEM Unswagati, Hari Saptarengga mengungkapkan dukungan atas apa yang telah dilakukan kawan-kawan setara dalam memberikan tindakan riil atas kondisi tata ruang kampus unswagati yang sangat memprihatinkan.
Saat diwawancara setara ia mengungkapkan ’ saya sangat mendukung sekali kegiatan ini, menurut saya ini bisa meng-erog kesadaran kita semua untuk dapat lebih peduli lagi terhadap lingkungan kampus. 'Ini lho kondisi kampus kita' ujarnya. Saat ditanyai bagaimana harapan kedepan sendiri ia menambahkan bahwa harapannya ialah agar kamus unswagati yang kita cintai ini dapat lebih baik.  
Lahan kosong tersebut harusnya dimanfaatkan menjadi ruang hijau yang pada dewasa ini sangat dibutuhkan selain  untuk menyerap polusi udara dan sebagai penghalau kebisingan, taman juga dapat berfungsi untuk berkumpul dan beristirahat maupun  untuk menjadi tempat saling bertukar pikiran dan dari segi estetikapun enak dipandang. Disini diharapkan kesadaran dari seluruh civitas akademika Unswagati agar peduli terhadap lingkungan kampus agar kampus kita yang tercinta ini menjadi nyaman untuk ditempati.


 (ani/fik)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SETARA NEWS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger