Lembaga Pers Mahasiswa Setara Unswagati - Cirebon. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Resensi Buku: Soedjatmoko dan Keprihatinan Masa Depan

Resensi Buku: Soedjatmoko dan Keprihatinan Masa Depan

Written By Lembaga Pers Mahasiswa Setara on Sabtu, 25 Februari 2012 | 18.07


Buku dengan judul Soedjatmoko Dan Keprihatinan Masa Depan merupakan kumpulan pidato dan risalah Soedjatmoko di berbagai forum internasional maupun nasional. Soedjatmoko merupakan kader bangsa yang mempunyai kiprah cukup besar bagi Indonesia dan perkembangan Dunia semasa ia hidup . Soedjatmoko pernah menjadi Rektor Universitas Tokyo, Jepang, dan selama lima tahun terakhir hayatnya Soedjatmoko (alm) lebih banyak menaruh perhatian pada masalah-masalah global yang sekaligus merupakan tantangan bagi peradaban masa depan. Karya-karya Soedjatmoko yang diterbitkan dalam buku ini merupakan analisis kritis kontruktif seorang Akademisi dalam memandang masa depan manusia dengan solusi-solusi yang rasional serta menyentuh kepada kepentingan umat manusia.
Dengan gamblang Soedjatmoko menganalisa permasalahan yang akan dihadapi umat manusia di masa yang akan datang seperti dalam artikel makalah yang disampaikan di depan Science and Culture For 21 Century Conference pada tahun 1989, dalam artikel tersebut Soedjatmoko menitik beratkan bahwa masalah umat manusia dimasa yang akan datang adalah adanya jurang kemiskinan yang semakin melebar, perlombaan senjata, pemanasan global, dan bioteknologi yang akan mengguncang di Negara dunia ketiga (baca: Negara-Negara miskin dan berkembang di dunia) 22 tahun yang lalu benar-benar terbukti terjadi saat ini. Permasalahan yang disampaikan oleh soedjatmoko, menurutnya permasalahan – permasalahan tersebut merupakan tanggung jawab umat manusia demi kelangsungan hidup kedepannya. Menurut soedjatmoko pembangunan kedepan bukan lagi pembangunan dalam Negeri, pembangunan telah menjadi tantangan global demi kelangsungan hidup umat manusia, tidak ada lagi masa depan  terpisah bagi kaum kaya dan miskin di dunia. Umat manusia akan mempunyai masa depan bersama atau tidak sama sekali,menurut Soedajtmoko sudah saatnya ada usaha bersama dunia ke satu dan ke tiga dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan demi terciptanya kelangsungan hidup umat manusia kedepannya.
Bukan hanya membahas keprihatinan global, Soedjatmoko juga memberikan pandangan tentang bagaimana manusia Indonesia dalam menghadapi masa depan dalam artikel penutup yang disampaikan pada kuliah umum di Universitas Negeri Yogyakarta. Karya-karya beliau dalam buku ini sangat patut untuk dibaca dan menjadi referensi manusia-manusia Indonesia dalam berfikir dan bertindak demi kelangsuangan hidup bersama terutama bagi kalangan akademisi yang seharusnya dapat berfikir visioner dan bertindak realistis. 


(Ran)  
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SETARA NEWS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger