Lembaga Pers Mahasiswa Setara Unswagati - Cirebon. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Masih Ada Harapan Masyarakat Pada Keraton

Masih Ada Harapan Masyarakat Pada Keraton

Written By Lembaga Pers Mahasiswa Setara on Sabtu, 25 Februari 2012 | 17.42


WAWANCARA TOKOH :
Arief Natadiningrat (Sultan Raja Kasepuhan Cirebon)

Melihat kondisi pembangunan kota Cirebon, banyak factor yang harus di perhatikan dari sosial, ekonomi, pendidikan dan peran dari tokoh masyarakat. Di kota Cirebon memiliki keraton-keraton yang menjadi tempat kebudayaan dan sejarah yang mana masih menjadi panutan bagi sebagian masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

Arief Natadiningrat sebagai Sultan Keraton Kasepuhan adalah salah satu tokoh masyarakat yang mewakili dari masyarakat keraton memaparkan sedikit tentang kondisi pembangunan kota Cirebon kepada Setara pada hari Senin (5/12) di tempat kediamannya. Berikut ini hasil wawancara Setara dengan beliau.

Perekonomian masyarakat Cirebon
Menurutnya ekonomi Cirebon relatif bagus dari segi denah Cirebon sebagai pusat bisnis, kota wisata, dan jasa sehingga ekonomi stabil dan baik, namun dari segi kesejahteraan ekonomi masyarakatnya sendiri masih banyak yang menganggur, kemiskinan yang masih banyak, kesehatan yang kurang, dan tempat huni yang tidak layak seraya menghela nafas sultan Arief menyebutkan jumlah  “6000 penduduk di sekitar keraton sendiri 40% banyak yang jobles ada yang menganggur dan bekerja serabutan” menurutnya, berdasarkann data yang di dapat dari laporan RW setempat.

Pendidikan Atau Pembodohan
Dengan serius Sultan Arief mengomentari persoalan pendidikan. Katanya “infrastruktur sekolah di kota Cirebon dari SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi memenuhi standar karena sedah menjadi tujuan menarik siswa/mahasiswa untuk masuk ke sekolah tersebut. Tapi banyak pula masyarakat yang berteriak mahal, itu dirasakan sendiri karena banyak yang meminta tolong.”

Banyak yang putus sekolah dari Sekolah Dasar padahal sebagai langkah membangun kota Cirebon sendiri, sekitar 6% dari pendidikan SMP yang putus sekolah” tambahnya.

Peran
keraton Saat Ini
“Keraton sekarang hanya sebagai  peninggalan budaya dan sejarah saja. Namun harapan masyarakat terpaku pada keratin untk sosial masyarakat Cirebon sendiri” menurut Sultan Arief yang saat diwawancarai sedang menjalani Puasa di bulan Muharram.

Dengan pemerintahan di Cirebon sendiri Sultan Ari
ef sering menjadi mitra, tokoh untuk musyawarah, dan pembentukan Perda, ”saya sering kirim surat untuk pemerintah Propinsi dan pusat untuk diadakan pelatihan bagi pemuda yang menganggur untuk keterampilan dari pembuatan batik, ukiran, sablon, dan makanan khas Cirebon untuk SDM dan pembangunan kota Cirebon sebagai pusat ekonomi di bidang perdagangan dan  tempat wisata” menurutnya.


 (Tri Utomo)

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SETARA NEWS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger