Lembaga Pers Mahasiswa Setara Unswagati - Cirebon. Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Pameran Foto Kolase Di Unswagati

Pameran Foto Kolase Di Unswagati

Written By Lembaga Pers Mahasiswa Setara on Selasa, 29 Mei 2012 | 12.25

Mulai hari ini, Selasa (29/05) sampai dengan Kamis (31/05) akan ada sedikit pemandangan berbeda di Kampus 1 Unswagati yang berada di Jalan Pemuda Kota Cirebon, bukan hiruk pikuk dan lalu lalang aktifitas mahasiswa yang sibuk mengurusi kuliahnya, melainkan diramaikan oleh adanya kegiatan pameran foto Kolase dan Montase oleh KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) KLISE Unswagati.
Acara dengan desain altar yang unik ini cukup menyita perhatian masyarakat kampus. “Acara kaya gini sangat jarang sekali diadain di kampus” ujar salah seorang Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Dian (21) sehabis melihat pameran tersebut, “apalagi fotonya unik-unik banget, saya baru tahu kalo ada jenis foto kaya gitu. Jadi pengen nyobain” tambah Rizky (19), rekan Dian. Namun sayang, hingga berita ini diturunkan Ketua Pelaksana kegiatan tersebut belum memberikan konfirmasi balasan ketika dihubungi oleh Setara.
Dengan menggunakan variasi bahan-bahan nature, pameran ini terasa sangat simple namun unik “ kami memanfaatkan berbagai bahan tidak terpakai yang banyak tersedia di sekitar kita” tutur salah satu panitia, Yunita. “ Seperti jerami, buah kelapa dan daun kelapa, dan foto-foto yang ditampilkan disini semuanya adalah hasil karya anggota KLISE” Tambahnya.
Disamping mahasiswa, ada juga Dosen dari Fakultas ISIP, bapak Tajudin yang ikut mendampingi, “Diharapkan dari kegiatan ini, dapat ikut mensosialisasikan kepada masyarakat luas bahwa proses kreatif fotografi tidak terbatas dari kamera saja. Melainkan bisa dikaryakan melalui karya foto Montase dan Kolase ini” katanya.
Kata kolase yang dalam bahasa Inggris disebut collage berasal dari kata coller dalam bahasa Perancis yang berarti ‘merekat’. Selanjutnya kolase dipahami sebagai suatu teknik seni menempel berbagai macam materi selain cat, seperti kertas, kain, kaca, logam dan lain sebagainya kemudian dikombinasi dengan penggunaan cat (minyak) atau teknik lainnya  (Susanto, M., 2002:63). Berbagai material kolase dapat direkatkan pada beragam jenis permukaan, seperti kayu, plastik, kertas, kaca dan sebagainya untuk dimanfaatkan atau difungsikan sebagai benda fungsional atau karya seni. Pemanfaatan bahan baku kolase yang beragam akan menghasilkan karakter bentuk kolase yang unik dan menarik yang dapat dibedakan menjadi : kolase dua dimensi dan kolase tiga dimensi untuk fungsi yang berbeda.
Sedangkan pengertian montase, menurut kamus besar Bahasa Indonesia, adalah Komposisi gambar yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber. Pada perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi sekarang telah merambah kepada karya tiga dimensi. Karya montase ini juga kurang dikenal oleh kalangan umum, karena bentuk karyanya masih mempunyai kemiripan dengan seni lukis, seni kriya, seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai salah satu dari jenis karya tersebut. (Awan)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SETARA NEWS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger